9 Apr 2012

Penyakit Parkinson

Gejala, Tahapan dan Pengobatan
Penyakit Parkinson Itu Apa?

Penyakit Parkinson adalah gangguan otak yang menyebabkan hilangnya kontrol pada otot bertahap. Gejala-gejala Parkinson cenderung ringan pada awalnya dan kadang-kadang bisa terabaikan. Tanda-tanda khas dari penyakit ini termasuk tremor, kekakuan, gerakan tubuh melambat, dan miskin keseimbangan. Parkinson awalnya disebut "
shaking palsy," tapi tidak semua penderita Parkinson memiliki tremor.

Progresi Parkinson  

Sementara Parkinson merupakan diagnosis yang menakutkan, tapi harapan hidupnya adalah sama dengan orang tanpa penyakit. Bagi beberapa orang gejala berkembang secara perlahan-lahan selama kurun waktu 20 tahun. Pengobatan dini mungkin memerlukan beberapa tahun untuk bisa hampir bebas gejala. Sekitar 5%  hingga 10%  kasus terjadi sebelum usia 50. Dua pendukung bagi penelitian mengembangkan Parkinson lebih dini: Petinju Muhammad Ali pada usia 42 tahun dan aktor Michael J. Fox pada usia 30 tahun.

Tanda-tanda Awal Parkinson

Tanda-tanda awal Parkinson mungkin halus dan dapat dibingungkan dengan kondisi lain. Mereka termasuk:
  • Sedikit gemetar pada jari tangan, kaki, atau bibir
  • Kekakuan atau kesulitan berjalan
  • Kesulitan untuk keluar dari kursi
  • Tulisan tangan yang kecil dan ramai
  • Postur bungkuk
  • Wajah 'bertopeng', membeku dalam ekspresi serius


Gejala: Tremor

Tremor merupakan gejala awal pada sekitar 70% dari orang dengan Parkinson. Ini biasanya terjadi pada jari atau tangan ketika tangan sedang beristirahat - tetapi tidak ketika tangan sedang digunakan. Ia akan goyang secara berirama, biasanya 4-6 ketukan per detik, atau dengan cara "pill-rolling", seolah-olah bergulir pil antara ibu jari dan jari telunjuk. Tremor juga bisa merupakan gejala dari kondisi lain, sehingga dengan sendirinya ia tidak menunjukkan Parkinson.

Gejala: Bradykinesia

Sebagaimana bila orang menua, mereka secara alami akan melambat. Tapi jika mereka memiliki "bradykinesia," tanda Parkinson, gerakan lambat dapat mengganggu kehidupan sehari-hari. Ketika mereka ingin bergerak, tubuh tidak dapat merespon dengan segera, atau mereka mungkin tiba-tiba berhenti atau "membeku." Berjalanmengocok’ dan wajah " seperti bertopeng " kadang-kadang ditemukan pada penderita Parkinson yang mungkin disebabkan oleh bradykinesia.

Gejala: Gangguan Keseimbangan

Orang dengan Parkinson cenderung mengembangkan postur membungkuk, dengan bahu terkulai dan kepala mereka menjorok ke depan. Seiring dengan pergerakan mereka lainnya, mereka mungkin memiliki masalah dengan keseimbangan. Hal ini meningkatkan risiko terjatuh.

Gejala: Kekakuan

Kekakuan terjadi ketika otot-otot tetap kaku dan tidak santai. Sebagai contoh, mungkin lengan tidak mengayun seperti ketika seseorang sedang berjalan. Mungkin terdapat kram atau nyeri pada otot. Kebanyakan orang dengan Parkinson mengalami beberapa kekakuan.

 
Gejala Diluar Gerakan

Gejala lainnya yang umum, namun tidak semua orang dengan Parkinson akan memiliki semua dari mereka. Mereka mungkin termasuk:   
  • Gelisah ketika tidur atau kelelahan di siang hari
  • Suara lembut atau cadel ketika bicara
  • Kesulitan menelan
  • Masalah memori, kebingungan, atau demensia
  • Kulit berminyak dan berketombe
  • Sembelit

 
Diagnosa Parkinson

Scan otak umumnya tidak digunakan untuk mendiagnosa Parkinson, meskipun mereka dapat digunakan untuk mengesampingkan kondisi lain. Sebaliknya, dokter mungkin akan meminta Anda untuk: 
  • Tekan jari dan jempol bersamaan atau tekan kaki Anda untuk memeriksa gerakan memperlambat
  • Menistirahatkan tangan Anda untuk mengamati tremor
  • Santai, saat dia menggerakkan leher, lengan, dan kaki untuk memeriksa kekakuan
  • Berdiri sewaktu ditarik pelan-pelan dari belakang untuk memeriksa keseimbangan

Parkinson atau Tremor Esensial?

Jika Anda memiliki tremor tetapi tidak ada  gejala-gejala Parkinson lainnya, seperti kekakuan atau gerakan melambat, Anda mungkin memiliki tremor esensial yang tidak berbahaya. Tremor ini berjalan dalam keluarga dan jauh lebih umum daripada Parkinson. Hal ini biasanya mempengaruhi kedua tangan secara sama. Tidak seperti Parkinson, tremor lebih buruk ketika tangan Anda sedang digerakkan. Tremor esensial tidak menanggapi levodopa, namun dapat diobati dengan pengobatan lainnya

Siapa Yang Mendapat PD (Parkinson’s Disease)?

Rata-rata usia permulaan adalah 62 tahun, tetapi orang yang lebih dari 60 tahun masih memiliki kemungkinan hanya 2% sampai 4% dari mengembangkan penyakit tersebut. Memiliki anggota keluarga dengan PD sedikit meningkatkan risiko Anda. Pria adalah satu setengah kali lebih mungkin untuk memiliki Parkinson dibandingkan wanita.


Apa Penyebab PD?

Sebuah daerah kecil di batang otak yang disebut substansia nigra yang mengontrol gerakan. Pada penyakit Parkinson, sel-sel di substansia nigra berhenti memproduksi dopamin, zat kimia yang membantu sel-sel saraf berkomunikasi. Sebagaimana sel-sel yang memproduksi dopamin tersebut mati, otak tidak terima pesan yang diperlukan tentang bagaimana dan kapan harus bergerak.

Tahapan PD

Parkinson bersifat progresif, yang berarti perubahan di dalam otak terus menerus dari waktu ke waktu. Dokter mengukur tahap PD dengan menilai gejala secara hati-hati. Skala Hoehn dan Yahr adalah salah satu alat yang umum untuk memeriksa tingkat keparahan gejala. Skala penilaian penyakit Parkinson dipersatukan dari mengevaluasi kejernihan mental dan fungsi, perilaku dan suasana hati, aktivitas hidup sehari-hari, dan fungsi motorik. Tahapan dapat membantu menentukan pengobatan yang terbaik.

Pengobatan: Levodopa

Levodopa (L-dopa) adalah asam amino yang dikonversi oleh otak menjadi dopamin. Ia sudah digunakan sejak 1970-an dan masih merupakan obat Parkinson yang paling efektif. Ia mengurangi bradykinesia dan kekakuan, membantu orang untuk lebih mudah bergerak. Akhirnya, efek levodopa luntur dengan cepat. Ia tidak boleh diambil dengan diet protein tinggi. Efek samping yang umum adalah mual, muntah, dan mengantuk. Halusinasi, paranoia dan gerakan tak terkendali (dyskinesias) mungkin terjadi bila digunakan dalam waktu jangka panjang.

Pengobatan: Agonis Dopamin

Obat yang meniru dopamin, yang disebut agonis dopamin, dapat digunakan untuk menunda gerakan-terkait gejala Parkinson. Mereka termasuk Apokyn, Mirapex, Parlodel, dan Requip. Apokyn, yang disuntikkan, dapat digunakan ketika efek levodopa mulai luntur. Efek samping dapat mencakup mual dan muntah, mengantuk, retensi cairan, dan psikosis.
 
Pengobatan: Pengobatan Lainnya

Comtan dan Tasmar dapat meningkatkan efektivitas levodopa, dengan efek samping yang mungkin diare. Pasien yang menggunakan Tasmar perlu dipantau secara teratur fungsi hati mereka. Stalevo digabungkan dengan levodopa, carbidopa, dan entacapone (obat dalam Comtan).

Azilect, Eldepryl, dan Zelapar, yang mana untuk menghambat pemecahan dopamin, dapat diresepkan pada awal penyakit atau digunakan bersama dengan levodopa. Mereka tidak boleh digunakan dengan antidepresan tertentu.

Bedah: Stimulasi Otak Dalam

Elektroda dapat ditanamkan ke salah satu dari tiga wilayah otak - globus pallidus, thalamus, atau inti subthalamic - pada satu atau kedua belah. Sebuah generator denyut ditempatkan di dada dekat tulang selangka. Denyut listrik merangsang otak untuk membantu mengurangi kekakuan, tremor, dan bradykinesia pasien. Ia tidak menghentikan perkembangan PD atau mempengaruhi gejala lainnya. Tidak semua orang adalah calon yang baik untuk operasi ini.

Bedah: Pallidotomy dan thalamotomy

Prosedur pembedahan energi menggunakan radio-frekuensi untuk menghancurkan area seukuran kacang dalam globus pallidus atau thalamus secara permanen. Daerah ini berhubungan dengan tremor, kekakuan, dan bradykinesia, sehingga gerakan umumnya membaik setelah operasi dengan mengurangi ketergantungan terhadap levodopa. Namun, karena operasi ini bersifat permanen, mereka telah menjadi kurang umum daripada stimulasi otak dalam.

Diet Yang Bebih Baik Bagi Parkinson

Sangat penting untuk memiliki diet yang seimbang, dengan kalsium dan vitamin D untuk kekuatan tulang. Walaupun protein dapat mengganggu levodopa, Anda dapat menghindari masalah tersebut dengan mengambil obat sekitar setengah jam sebelum makan-. Jika Anda mengalami mual, minum obat Anda dengan kerupuk atau ginger ale. Makan makanan tinggi serat dengan banyak cairan dapat mencegah sembelit.

Gejala Dapat Dicegah?

Para peneliti sedang menyelidiki suplemen atau zat lain yang dapat melindungi neuron dari kerusakan akibat Parkinson, tetapi terlalu dini untuk mengatakan apakah mereka bekerja. Sebuah studi di tahun 2002 menemukan bahwa dengan 1.200 mg koenzim Q10 per hari bisa memperlambat perkembangan Parkinson dini. Peminum kopi dan perokok mungkin memiliki risiko lebih rendah menderita Parkinson (walaupun merokok jelas memiliki konsekuensi kesehatan serius lainnya).



Peran Racun Lingkungan

Studi menunjukkan bahwa paparan terhadap pestisida dan herbisida dapat meningkatkan risiko Parkinson. Beberapa orang mungkin secara genetik lebih rentan terhadap paparan lingkungan. Penelitian pada area penting ini masih terus berlangsung.

Parkinson dan Latihan

Latihan sebenarnya mungkin memiliki efek protektif dengan memungkinkan otak untuk lebih efektif dalam menggunakan dopamin. Hal ini juga membantu meningkatkan koordinasi motorik, keseimbangan, gaya berjalan, dan tremor. Untuk efek terbaik, Anda harus berolahraga secara konsisten dan sebagai intens yang Anda bisa, sebaiknya tiga sampai empat kali seminggu selama satu jam. Olahraga dengan treadmill atau bersepeda telah terbukti memiliki manfaat. Tai chi dan yoga juga dapat membantu keseimbangan dan fleksibilitas.


Hidup Dengan PD

Parkinson mempengaruhi banyak aspek kehidupan sehari-hari, tetapi dengan obat-obatan dan akomodasi, Anda dapat tetap aktif. Obat dapat membantu Anda mengatasi gangguan suasana hati, seperti depresi dan kecemasan. Seorang terapis okupasi dapat memberikan evaluasi keamanan dalam rumah. Anda mungkin perlu menghilangkan bahaya terjatuh, seperti keset atau tali, dan menambahkan pegangan didalam kamar mandi. Seorang terapis bicara dapat membantu dengan masalah menelan dan berbicara.



Sebuah Catatan untuk Pengasuh

Merawat seseorang dengan Parkinson dapat menantang. Seperti penurunan kemampuan motorik, tugas-tugas sederhana mungkin menjadi lebih sulit, tetapi pasien Parkinson mungkin berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan mereka. Baik obat dan penyakit itu sendiri dapat menyebabkan perubahan pada mood mereka. Dukungan kelompok dan forum online yang tersedia di American Parkinson Disease Association and the National Parkinson Foundation.

Sumber: Ahliwasir.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar