1 Nov 2012

Kadar Kolesterol: Arti, Diet dan Pengobatan

Apakah Kolesterol?

Kita mungkin
mengaitkan kolesterol dengan makanan berlemak, tetapi sebagian besar zat lilin terbuat oleh tubuh kita sendiri. Liver memproduksi 75% kolesterol yang beredar di dalam darah kita. 25% lainnya berasal dari makanan. Pada tingkat normal, kolesterol sebenarnya memainkan peran penting dalam membantu sel melakukan pekerjaan mereka. Tapi kadar kolesterol cukup tinggi di lebih dari 100 juta orang Amerika.


Gejala Dari Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apapun. Tapi itu menyebabkan kerusakan jauh di dalam tubuh. Seiring waktu, kolesterol terlalu banyak dapat menyebabkan penumpukan plak di dalam arteri. Dikenal sebagai
atherosclerosis, kondisi ini mempersempit ruang yang tersedia untuk aliran darah dan dapat memicu penyakit jantung. Kabar baiknya adalah kolesterol tinggi mudah untuk dideteksi, dan ada banyak cara untuk menurunkannya.

Pengujian Kolesterol  

Orang
yang lebi tua dari 20 tahun seharusnya memiliki tingkat kolesterol mereka untuk diperiksa setidaknya sekali setiap lima tahun. Hal ini dilakukan dengan tes darah sederhana yang dikenal sebagai profil fasting lipoprotein. Ia mengukur berbagai bentuk kolesterol yang beredar dalam darah setelah Anda menghindari makan selama 9 sampai 12 jam. Hasil penelitian menunjukkan kadar kolesterol "buruk", kolesterol "baik", dan trigliserida Anda. "


Kolesterol "Buruk"   

Sebagian besar kolesterol dalam darah dibawa oleh protein yang disebut low density lipoproteins atau LDL. Hal ini dikenal sebagai kolesterol jahat karena
ia bergabung dengan zat lain untuk menyumbat arteri. Diet tinggi lemak jenuh dan lemak trans cenderung meningkatkan tingkat kolesterol LDL. Bagi kebanyakan orang, nilai LDL di bawah 100 itu sehat, tetapi orang dengan penyakit jantung mungkin perlu lebih rendah.


Kolesterol "Baik"

Sampai dengan sepertiga kolesterol darah dibawa oleh lipoprotein high-density atau HDL. Hal ini disebut kolesterol baik karena dapat membantu menghilangkan kolesterol jahat, mencegah
mereka membentuk dalam arteri. Semakin tinggi tingkat kolesterol HDL, semakin baik. Orang yang dengan terlalu sedikit lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit jantung. Makan lemak sehat, seperti minyak zaitun, dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL.


Trigliserida

Tubuh mengubah kelebihan kalori, gula, dan alkohol menjadi trigliserida, sejenis lemak yang dibawa dalam darah dan disimpan dalam sel lemak
di seluruh tubuh. Orang yang kelebihan berat badan, tidak aktif, perokok, atau peminum berat cenderung memiliki trigliserida tinggi, seperti halnya orang-orang yang makan diet karbohidrat yang sangat tinggi. Sebuah nilai trigliserida 150 atau lebih tinggi menempatkan Anda pada risiko sindrom metabolik, yang terkait dengan penyakit jantung dan diabetes.

Total Kolesterol

Total kolesterol mengukur kombinasi LDL, HDL, dan VLDL (
kepadatan lipoprotein yang sangat rendah) dalam aliran darah Anda. VLDL adalah prekursor LDL, kolesterol jahat. Nilai kolesterol total di bawah 200 dianggap sehat dalam banyak kasus. Orang yang nilainya di kisaran "tinggi " memiliki peningkatan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang memiliki nilai di bawah 200.


Rasio Kolesterol

Untuk menghitung rasio kolesterol Anda, bagilah kolesterol total dengan kolesterol HDL Anda. Sebagai contoh,
nilai total 200 dibagi dengan skor HDL 50 sama dengan rasio kolesterol dari 4 sampai 1. Dokter menyarankan mempertahankan rasio 4 sampai 1 atau lebih rendah. Semakin kecil rasionya, semakin baik. Sementara angka ini berguna dalam memperkirakan risiko penyakit jantung, yang itu lain pentingnya dalam membimbing perawatan. Dokter akan melihat pada kolesterol total, kolesterol HDL, dan kolesterol LDL untuk menentukan pengobatan.


Kolesterol dalam Makanan

Makanan kaya kolesterol, seperti telur, udang, dan lobster tidak lagi sepenuhnya dilarang. Penelitian menunjukkan bahwa kolesterol yang kita makan hanya memiliki efek kecil pada tingkat kolesterol darah untuk kebanyakan orang. Beberapa orang yang "menanggapi," yang tingkat darahnya terpaku setelah makan telur. Tetapi bagi sebagian besar, lemak jenuh dan lemak trans adalah keprihatinan yang lebih besar. Batas kolesterol harian 300 mg untuk orang sehat dan 200 mg bagi mereka yang berisiko tinggi. Satu telur memiliki 186 mg dari kolester
ol. 



Kolesterol dan Riwayat Keluarga

Kolesterol berasal dari dua sumber - tubuh dan makanan - dan salah satu
nya dapat berkontribusi untuk kolesterol tinggi. Beberapa orang mewarisi gen yang memicu produksi kolesterol terlalu banyak. Bagi orang lain, diet adalah penyebab utama. Lemak jenuh dan kolesterol terjadi pada makanan hewani, termasuk daging, telur, dan produk susu yang dibuat dengan susu. Dalam banyak kasus, kolesterol tinggi berasal dari kombinasi diet dan genetika.


Apa Meningkatkan Risiko Anda?

Beberapa faktor yang dapat membuat Anda lebih mungkin untuk mengembangkan kolesterol tinggi:

  • Diet tinggi lemak jenuh dan kolesterol
  • Riwayat keluarga kolesterol tinggi
  • Kelebihan berat badan atau obesitas
  • Bertambah tua



Kolesterol dan Jenis Kelamin

Hingga menopause, perempuan biasanya memiliki kadar kolesterol total yang lebih rendah dibandingkan laki-laki pada usia yang sama. Mereka juga memiliki tingkat kolesterol HDL yang lebih tinggi, jenis yang baik. Salah satu alasannya adalah estrogen: Hormon seks wanita meningkatkan tingkat kolesterol HDL. Produksi Estrogen memuncak selama masa subur dan menurun selama menopause. Setelah usia 55 tahun, risiko wanita mengembangkan kolesterol tinggi mulai meningkat.

Kolesterol dan Anak-anak

Ada bukti bahwa kolesterol dapat mulai menyumbat pembuluh darah selama masa kanak-kanak, yang menyebabkan penyakit atherosclerosis dan jantung di kemudian hari. The American Heart Association merekomendasikan anak-anak dan remaja yang memiliki kolesterol tinggi untuk mengambil langkah menurunkannya. Idealnya, kolesterol total harus di bawah 170 pada usia manusia mulai 2 hingga 19 tahun.


Mengapa Kolesterol Tinggi Bermasalah

Kolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama untuk penyakit arteri koroner, serangan jantung, dan stroke. Hal ini juga tampaknya meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Seperti yang kita lihat sebelumnya, kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan plak yang
dapat menyempitkan pembuluh darah. Ini berbahaya karena bisa membatasi aliran darah. Jika suplai darah ke suatu bagian dari jantung atau otak benar-benar terputus, akibatnya adalah serangan jantung atau stroke.


Melawan Kolesterol : Makan Lebih Banyak Fiber

Perubahan Diet menawarkan cara yang ampuh untuk melawan kolesterol tinggi. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa
jenis sereal mengklaim berguna untuk kesehatan jantung, ia adalah serat. Serat larut ditemukan dalam banyak makanan yang dapat membantu mengurangi LDL, kolesterol jahat. Sumber serat larut yang baik termasuk roti gandum dan sereal, oatmeal, buah-buahan, buah-buahan kering, sayuran, dan kacang-kacangan seperti kacang-mente. 


Melawan Kolesterol : Mengenal Lemak Anda

Tidak lebih dari 35% kalori harian Anda
harus berasal dari lemak. Tapi tidak semua lemak adalah sama. Lemak Jenuh - dari produk hewani dan minyak tropikal dapat meningkatkan kolesterol LDL. Lemak trans membawa whammy-ganda, meningkatkan kolesterol jahat, sambil menurunkan jenis kolesterol yang baik. Kedua lemak jahat tersebut ditemukan dalam banyak makanan yang dipanggang, makanan yang digoreng (donat, kentang goreng, keripik), margarin batangan, dan kue kering. Lemak tak jenuh dapat menurunkan LDL bila dikombinasikan dengan perubahan pada diet sehat yang lain. Mereka ditemukan dalam alpukat, minyak zaitun, dan minyak kacang.

Melawan Kolesterol: Protein Pintar

Daging dan susu banyak menawarkan penuh lemak protein, tetapi mereka juga merupakan sumber utama kolesterol. Anda mungkin dapat mengurangi kolesterol LDL dengan beralih ke protein kedelai, seperti tahu, pada beberapa makanan. Ikan merupakan pilihan yang cocok.
Ia kaya akan asam lemak omega-3, yang dapat memperbaiki kadar kolesterol. The American Heart Association merekomendasikan untuk makan ikan setidaknya dua kali seminggu.


Melawan Kolesterol: Diet Rendah Karbohidrat

Ada bukti yang berkembang bahwa diet rendah karbohidrat mungkin lebih baik dibandingkan diet rendah lemak untuk
memperbaiki kadar kolesterol. Dalam sebuah studi selama dua tahun yang didanai oleh Institut Kesehatan Nasional, mereka yang mengikuti program rendah karbohidrat telah memiliki tingkat HDL (kolesterol baik) lebih baik secara signifikan dibanding mereka yang mengikuti program rendah lemak.


Melawan Kolesterol: Menurunkan Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan,
konsultasikanlah dengan dokter Anda tentang untuk memulai sebuah program penurunan berat badan. Dengan menurunkan berat dapat membantu Anda mengurangi tingkat trigliserida, LDL, dan kolesterol total Anda. Bahkan hanya dengan menurunkan beberapa kilogram saja juga dapat meningkatkan tingkat kolesterol baik Anda - cenderung meningkat 1 poin untuk setiap penurunan 3 kg berat Anda.


Melawan Kolesterol: Berhenti Merokok

Berhenti merokok sangatlah sulit, tapi inilah satu alasan lagi bagi Anda untuk mencobanya. Ketika berhenti merokok, kolesterol baik Anda cenderung akan meningkatkan sebanyak 10%. Anda mungkin akan merasa lebih berhasil jika Anda menggabungkannya dengan beberapa strategi berhenti merokok. Bicaralah dengan dokter Anda tentang opsi yang terbaik bagi Anda.

Melawan Kolesterol: Latihan

Jika Anda sehat tetapi tidak terlalu aktif, mulai
lah sebuah program olahraga aerobik yang dapat meningkatkan kolesterol baik Anda hingga 5% dalam dua bulan pertama. Olahraga secara teratur juga dapat menurunkan kolesterol jahat. Pilih aktivitas yang dapat meningkatkan denyut jantung Anda, seperti berlari, berenang, atau berjalan cepat, dan pastikan setidaknya 30 menit beberapa hari dalam seminggu. Tidak harus 30 menit terus-menerus; dua kali 15 menit dengan berjalan juga bekerja sama baiknya.

Perawatan: Pengobatan

Jika kolesterol tinggi
terdapat di dalam keluarga Anda, diet dan olahraga mungkin tidak cukup bagi Anda untuk mendapatkan kadar yang Anda inginkan. Dalam hal ini, pengobatan dapat membuat kadar kolesterol Anda mendapatkan sebuah dorongan ekstra. Statin biasanya sebagai pilihan utama. Mereka dapat memblokir produksi kolesterol di dalam hati. Pilihan lainnya terdiri dari cholesterol absorption inhibitors, bile acid resins, dan fibrates. Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan kombinasi obat-obatan ini.


Perawatan: Suplemen

Suplemen tertentu juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Ini termasuk minyak biji rami, minyak ikan, dan sterol tumbuhan, seperti beta-sitosterol. Resep niacin, vitamin b-kompleks, yang telah ditemukan untuk meningkatkan kolesterol baik sekaligus mengurangi kolesterol jahat. Niacin ditemukan dalam suplemen yang biasanya tidak boleh digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Obat Herbal

Beberapa studi menunjukkan bawang putih dapat
menghancurkan beberapa persen dari total kolesterol. Tapi pil bawang putih dapat memiliki efek samping dan dapat berinteraksi dengan obat. Tumbuhan lain yang dapat mengurangi kolesterol meliputi:

  • Biji fenugreek
  • Ekstrak daun artichoke
  • Yarrow
  • Kemangi



Seberapa Rendah Yang Harus Anda Capai?

Banyak orang mampu menurunkan kadar kolesterol melalui kombinasi obat-obatan dan perubahan gaya hidup. Tapi
seberapa yang cukup rendah? Bagi orang dengan diabetes atau berisiko tinggi terkena penyakit jantung, nilai LDL kurang dari 100 yang diinginkan. Jika Anda sudah memiliki penyakit jantung atau penyakit arteri koroner, beberapa dokter menyarankan untuk mengurangi LDL hingga 70 atau lebih rendah lagi.


Dapatkah Kita Urungkan Kerusakan?

Dibutuhkan
beberapa tahun bagi kolesterol tinggi untuk menyumbat arteri dengan plak. Namun ada bukti bahwa atherosclerosis dapat dibalikkan, setidaknya untuk beberapa derajat. Dean Ornish, MD, telah menerbitkan beberapa studi yang menunjukkan bahwa diet vegetarian rendah lemak, manajemen stres, dan olahraga ringan dapat mencegah pembentukan di dalam arteri koroner. Penelitian lain yang mendukung gagasan bahwa penurunan besar dalam kolesterol agaknya dapat membantu membuka arteri yang tersumbat.


Sumber: Sinshe Gunawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar