1 Nov 2012

Katarak - Penyebab, Gejala dan Operasi


 
Apakah Katarak?                              

Katarak adalah
sebuah progresif , kekeruhan yang tidak menyakitkan dari lensa mata. Katarak terjadi ketika protein terbentuk pada lensa dan menghadang beberapa cahaya untuk melewatinya, sehingga sulit untuk melihat dengan jelas. Seiring waktu, katarak dapat menyebabkan kebutaan. Mereka sering berhubungan dengan mereka yang semakin tua, tapi kadang-kadang mereka juga dapat berkembang pada orang muda.

Bagaimana Katarak Mempengaruhi Penglihatan Anda

Dalam mata
yang normal, cahaya masuk dan melewati lensa. Lensa memfokuskan cahaya tersebut menjadi gambar tajam pada retina, yang me-relay pesan melalui saraf optik ke otak. Jika lensa keruh oleh katarak, gambar yang Anda lihat akan menjadi kabur. Pada kondisi mata lainnya, seperti myopia, juga menyebabkan pandangan kabur, tapi katarak menghasilkan beberapa tanda dan gejala yang khas.

Gejala Katarak: Blurry Vision

Penglihatan kabur pada jarak manapun adalah gejala yang paling umum dari katarak.
Penglihatan anda mungkin terlihat berkabut, filmy, atau berawan. Seiring waktu, bila lensa menjadi lebih keruh, maka cahaya bertambah sedikit yang mencapai retina. Orang dengan katarak mungkin memiliki masa yang sangat sulit untuk melihat di malam hari.

Gejala Katarak: Glare

Gejala awal katarak lainnya adalah silau, atau sensitivitas terhadap cahaya. Anda mungkin memiliki kesulitan untuk melihat di bawah sinar matahari cerah. Lampu Indoor yang sebelumnya tidak mengganggu Anda sekarang mungkin tampak terlalu terang atau memiliki halos (lingkaran cahaya). Mengemudi di malam hari juga dapat menjadi masalah karena silau yang disebabkan oleh lampu mobil yang mendekat.

Gejala Katarak: Double Vision

Kadang-kadang, katarak dapat menyebabkan penglihatan
menjadi ganda (juga dikenal sebagai diplopia). Sebagaimana bila katarak tumbuh menjadi lebih besar, maka penglihatan ganda akan hilang.
 
Katarak Gejala: Perubahan Warna

Katarak dapat mempengaruhi penglihatan warna Anda, membuat beberapa warna terlihat pudar. Visi Anda secara bertahap dapat
menjadi warna kecoklatan atau kekuningan. Pada awalnya, Anda mungkin tidak melihat adanya pada perubahan warna ini. Namun seiring waktu, mungkin membuat Anda menjadi lebih sulit untuk membedakan warna biru dan ungu.

Gejala Katarak: Second Sight

Kadang-kadang, katarak
untuk sementara dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam melihat close-up, karena katarak bertindak sebagai lensa kuat. Fenomena ini disebut penglihatan kedua, karena orang yang mungkin pernah memerlukan kacamata untuk baca menemukan bahwa mereka tidak membutuhkannya lagi. Namun bila katarak memburuk, hal ini akan hilang dan penglihatan memburuk lagi.

Gejala Katarak: Resep Baru

Sering
melakukan perubahan resep kacamata atau lensa kontak dapat menjadi tanda katarak. Hal ini karena katarak yang progresif, yang berarti mereka menjadi lebih buruk dari waktu ke waktu.

Siapa Yang Menderita Katarak?

Sebagian besar katarak berhubungan dengan penuaan. Lebih dari setengah orang Amerika
yang berusia di atas 65 memiliki katarak. Bayi kadang-kadang lahir dengan katarak, yang juga disebut sebagai katarak kongenital, atau anak-anak juga dapat mengembangkan mereka sebagai akibat dari cedera atau sakit.


Apa Penyebab Katarak?
Penyebab pasti katarak tidak diketahui. Sementara risiko berkembangnya katarak seiring bertambahnya usia, faktor-faktor ini juga dapat berkontribusi
  • Diabetes
  • Merokok
  • Kelebihan penggunaan alkohol
  • Cedera mata
  • Penggunaan kortikosteroid jangka panjang
  • Lama terkena sinar matahari atau radiasi

Bagaimana Katarak Didiagnosis?

Sebagian besar katarak dapat didiagnosis dengan pemeriksaan mata. Dokter mata Anda akan menguji
penglihatan Anda dan memeriksa mata Anda dengan pengujian melalui lampu celah untuk mencari masalah dengan lensa dan bagian lain dari mata.  Bola mata dilebarkan agar lebih dapat menguji bagian belakang mata, di mana terletak retina dan saraf optik.

Operasi Katarak

Jika Anda kehilangan penglihatan
yang tidak dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkat katarak. Dalam operasi katarak, lensa keruh diangkat dan diganti dengan lensa buatan. Operasi, dapat dilakukan secara rawat jalan, aman dan sangat efektif untuk meningkatkan penglihatan. Jika katarak hadir di kedua mata, operasi akan dilakukan pada satu mata secara bergantian.
 
Jenis Operasi Katarak

Ada dua jenis operasi katarak. Pada jenis yang lebih umum, disebut phacoemulsification, atau phaco, dokter membuat sayatan kecil di mata dan
melepaskan lensa dengan menggunakan gelombang ultrasound. Setelah lensa dihapus, dan lensa buatan (disebut lensa intraokuler, atau IOL) diletakkan pada tempatnya. Dalam operasi katarak ekstrakapsular, dokter membuat sayatan yang lebih besar dan menghapus keseluruhan bagian lensa yang kabur.

 
Inovasi Operasi Katarak  

Salah satu perkembangan
terbaru dalam operasi katarak adalah multifocal IOL, yang dapat memperbaiki kedua visi rabun dekat dan jauh. Lensa "monofocal" Konvensional hanya untuk memperbaiki penglihatan jarak, berarti kacamata baca masih dibutuhkan setelah operasi. Implan visi "premium" lainnya tersedia untuk memperbaiki presbyopia, myopia, dan astigmatism. Sebuah lensa untuk memperbaiki penglihatan warna yang lebih baik sedang dalam pengembangan (ditampilkan di sini). Sebuah eksperimental operasi laser katarak juga menunjukkan janji, memberikan hasil yang lebih akurat dengan prosedur yang kurang invasif.  

Apa yang Diharapkan Setelah Operasi

Selama beberapa hari, mata Anda mungkin
terasa gatal dan sensitif terhadap cahaya. Anda mungkin diresepkan obat tetes mata untuk membantu penyembuhan dan diminta untuk memakai pelindung mata atau kacamata untuk perlindungan. Ini akan memakan waktu sekitar delapan minggu bagi mata Anda untuk sembuh sepenuhnya, meskipun visi Anda segera mulai meningkatkan setelah operasi. Anda mungkin masih perlu kacamata, setidaknya kadang-kadang, untuk jarak atau membaca - serta resep baru setelah penyembuhan selesai. 

Resiko Operasi Katarak

Komplikasi dari operasi katarak
sangat jarang terjadi. Risiko yang paling umum adalah perdarahan, infeksi, dan perubahan tekanan pada mata, yang semuanya dapat disembuhkan ketika diketahui lebih dini. Operasi sedikit meningkatkan risiko ablasi retina, yang membutuhkan perawatan darurat. Kadang-kadang, jaringan di sekitar IOL dapat menjadi berkabut, bahkan bertahun-tahun setelah operasi. Ini "setelah-katarak" dikoreksi dengan menggunakan laser untuk membuat lubang kecil pada kapsul untuk memungkinkan cahaya melewatinya.

Apakah Anda Memerlukan Operasi Katarak?

Apakah atau tidak untuk menjalani operasi katarak adalah terserah Anda dan dokter Anda. Kadang-kadang katarak perlu disingkirkan segera, tapi ini
bukanlah kasus yang biasa terjadi. Katarak mempengaruhi penglihatan secara perlahan seiring waktu, sehingga banyak orang menunggu untuk menjalani operasi apabila kacamata atau kontak tidak lagi memperbaiki penglihatan mereka. Jika Anda tidak merasa bahwa katarak Anda yang menyebabkan masalah dalam kehidupan Anda sehari-hari, Anda dapat memilih untuk menunggu.

 
Tips untuk Mencegah Katarak

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan resiko katarak:
  • Jangan merokok.
  • Selalu mengenakan topi atau kacamata hitam di bawah sinar matahari.
  • Diabetes tetap terkontrol dengan baik.
  • Batasi konsumsi alkohol.
 Sumber: Sinshe Gunawan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar