4 Sep 2009

Sinusitis

Sinusitis: Gejala, Diagnosis, Perawatan Serangan Sinus!
Rasa sakit di dahi atau di antara mata? sakit gigi bagian atas? Wajah terasa penuh, hidung tersumbat dan sesak? Alasan nomor satu untuk berkunjung ke dokter: masalah sinus dan yang berhubungan dengan gejala sinus.
Sinus: Ruang Udara di Kepala Anda
Sinus adalah ruang udara di dalam tengkorak yang dilapisi dengan selaput lendir. Anda memiliki empat set sinus yang berhubungan dengan hidung:
Dua sinus depan di dahi dibagian atas mata Dua sinus di rahang atas, satu didalam setiap tulang pipi (segitiga gelap terlihat di CAT scan)
Sinus Ethmoid: sarang lebah dari 18 ke 22 di belakang rongga jembatan hidung (juga ditampilkan di sini)
Sinus Sphenoid, di belakang hidung dan di bawah otak Sinus seperti sidik jari, setiap orang berbeda. Apa Itu Sinusitis?
Kecil, rambut seperti bulu mata disebut cilia (perbesar disini) membantu lendir melalui selaput sinus dan yang menuju keluar. Semua aktifitas sinus anda terhubung ke hidung anda untuk memungkinkan pertukaran udara dan lendir. Infeksi atau alergi membuat jaringan sinus radang, merah, dan bengkak. Yang disebut sinusitis.
Hanya Pilek …. Saat Pertama
Sinusitis biasanya dimulai dengan peradangan yang dipicu oleh pilek, serangan alergi, atau iritasi. Tetapi mungkin tidak berakhir di sana. Pilek, alergi, dan iritasi membuat jaringan sinus membengkak.
Tersumbat, Sesak Nafas, dan Sakit
Sinusitis menyebabkan banyak gejala. Sebagian besar hidung orang terasa kaku dan sakit atau adanya tekanan di beberapa lokasi di sekitar wajah atau gigi. Biasanya terdapat kotoran hidung yang mungkin kuning, hijau, atau terang. Gejala lain mungkin termasuk kelelahan, penciuman bau berkurang dan / atau rasa, batuk, sakit tenggorokan, bau nafas, sakit kepala, dan demam.
Sinusitis kronis
Warna biru MRI di daerah ini menunjukkan penebalan permukaan mucosal pada kedua sinus rahang atas. Peradangan di rongga sinus yang berlangsung selama lebih dari tiga bulan adalah sinusitis kronis. Ia mempengaruhi sekitar 32 juta orang Amerika. Meskipun bakteri sering terhambat menjajahi sinus, itu tidak jelas bahwa infeksi bakteri adalah benar sebagai penyebab sinusitis kronis. Anatomi, alergi, polips, kekebalan berkurang, dan penyakit gigi juga dapat menyebabkan masalah sinus kronis.
Polip Hidung
Ketika sinus tetap meradang, selaput sinus dapat menebal dan bengkak. Pembengkakan dapat menyebabkan massa seperti anggur yang disebut polips (ditampilkan di sini). Polips dapat menonjol keluar dari sinus kedalam saluran di hidung dan sebagian atau sepenuhnya memblokir aliran udara di hidung.
Obat Pelega Hidung : Meringankan, pada Harganya
Spray ini membuka saluran di hidung yang bengkak dan memungkinkan untuk mengeluarkan sinus. Itu dapat sangat membantu, terutama pada hari-hari terburuk disaat pilek atau selama perjalanan udara. Tetapi anda harus menggunakan obat ini hanya untuk beberapa hari. Setelah itu, terdapat efek kick-back, sehingga saluran di hidung anda membengkak dan menutup kembali. Obat pelega hidung tidak ditunjukkan untuk menggunakannya pada yang kronis. Obat pelega hidung oral dapat membantu, tetapi juga memiliki efek samping. Solusi yang lebih baik untuk gejala sinus akut: nasal steroid sprays or saline sprays atau cuci. Jika gejala berlanjut, jumpailah dokter anda. Gejala sinus kronis mungkin disebabkan oleh sekat yang menyimpang atau kondisi lain yang dapat diobati.
Antibiotik Biasanya Tidak Diperlukan
Neutrogena, yang mana dimiliki oleh Johnson & Johnson, yang mengetahui tentang kulit anak-anak bayi, Buchness mengatakan, spray Neutrogena Waterguard Kids SPF 70. Ia juga mencatat bahwa ia menyerap dengan cepat, sehingga membuat ia baik untuk menjaga yang rewel dari mendapatkan kejengkelan. Seluruh panel menghargai yang lembut namun kombinasi efektif dari bahan.
Merawat Alergi Yang Berkaitan Dengan Sinusitis
Apa yang dapat membantu alergi berhubungan dengan gejala sinus adalah irigasi dengan larutan garam, baik dengan neti pot atau botol - jika saluran nasal anda tidak terblokir. Meskipun tidak ada bukti mereka membantu infeksi sinus, nasal steroid sprays dapat membantu beberapa orang yang menderita gejala sinus dari alergi. Antihistamines juga dapat membantu, terutama untuk gejala bersin dan pilek.
Kapan Pergi ke Dokter ?
Sekitar 80% dari waktu, lendir hijau atau kuning berarti adanya infeksi yang disebabkan bakteri. Bahkan kemudian, sinusitis akut akibat bakteri biasanya dapat dibersihkan dalam 7 sampai 14 hari - tanpa perawatan antibiotik. Tetapi jika anda tetap merasa lebih buruk dan gejala nya gigih dan berat, atau jika Anda mendapatkan demam, saatnya untuk pergi ke dokter.
Perawatan Sinusitis kronis yang Masih Teka-teki
Sinusitis kronis sangat sulit untuk dirawat. Langkah pertama adalah mengendalikan faktor lingkungan yang mempengaruhi seperti menghapuskan iritasi. Untuk meringankan gejala, dokter sering meresapkan nasal steroid sprays atau antibiotik, tetapi keduanya tidak terbukti dapat bekerja didalam studi komprehensif. Pembedahan - functional endoscopic sinus surgery or FESS - setidaknya menawarkan bantuan untuk meringankan sedang, 80% - 90% dari pasien - tetapi ini tidak ditujukan sebagai baris pertama untuk pengobatan sinusitis kronis.
Komplikasi sinusitis: Skenario Kasus Terburuk
Hanya lapisan tulang memisahkan sinus Anda dari otak. Jika infeksi sinus melewati tulang, maka ia dapat menulari lapisan otak - meningitis - atau bahkan otak itu sendiri. Kedua masalah yang mengancam kehidupan. Infeksi sinus juga dapat menyebar ke dalam orbit mata, kemungkinan menyebabkan kebutaan. Dan, infeksi sinus dapat berpotensi mengakibatkan aneurysms fatal atau terinfeksi darah beku. Komplikasi ini jarang terjadi. Komplikasi yang kurang parah termasuk serangan asma dan hilangnya penciuman bebauan atau rasa.
Mencegah Sinusitis
Tidak ada cara yang pasti untuk menghindari baik sinusitis yang akut atau kronis. Tetapi di sini ada beberapa hal yang dapat membantu:
  • Menghindari kelembaban sinus - gunakan saline sprays atau sering diirigasi.
  • Hindari lingkungan indoor yang sangat kering.
  • Hindari terpapar yang dapat menyebabkan iritasi, seperti asap rokok atau aroma bahan kimia yang keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar