13 Jun 2013

Khawatir Kena Diabetes Tipe 2? Ini Pencegahnya

Khawatir Kena Diabetes Tipe 2? Ini Pencegahnya  
TEMPO.CO, Jakarta - Jika Anda berisiko dengan diabetes tipe 2, ada cara paling mudah untuk menjauhkannya. Resepnya sederhana, seperti ditulis USA Today, yaitu hanya berjalan kaki selama 15 menit setiap habis makan.
Sebuah penelitian menunjukkan jalan kaki setelah makan membantu insulin mengelola gula darah sehingga bermanfaat bagi diabetes tipe 2 dan mereka dengan kondisi pre-diabetes (kadar gula di atas ambang batas, tapi belum memenuhi kriteria berlebih). Mereka juga dianjurkan berjalan kaki 45 menit sekali sehari.

Berjalan setiap habis makan, terutama makan malam, kata penelitian ini, membantu menurunkan gula darah usai makan selama tiga jam atau lebih. "Berjalan setelah makan benar-benar mampu menahan kenaikan gula darah," kata penulis utama studi, Loretta DiPietro, profesor dan ketua departemen ilmu olahraga di George Washington University.

Ia mengurai caranya. "Setelah Anda menyantap makanan, tunggu satu setengah jam dan kemudian Anda berjalan-jalan 15 menit." Langkah ini, katanya, terbukti efektif dalam mengendalikan kadar gula darah, tetapi harus secara rutin dilakukan setiap kali habis makan. Langkah ini juga membantu menurunkan berat badan atau menyehatkan jantung.

Orang Italia menyebut berjalan setelah makan malam sebagai passeggiata. Langkah ini, katanya, juga membantu pencernaan.

Saat ini, hampir 26 juta anak-anak dan orang dewasa (8,3 persen dari populasi) di Amerika Serikat mengidap diabetes dan sekitar 79 juta masuk dalam kondisi pra-diabetes. Pada diabetes, tubuh tidak mampu membuat cukup insulin, zat yang membantu glukosa (gula) masuk ke dalam sel, dan digunakan sebagai sumber energi. Jika ada masalah insulin, gula menumpuk dalam darah, yang bisa merusak saraf dan pembuluh darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar